Gangguan Setan dalam Shalat, Ini Antisipasi agar Tetap Khusyuk


Salah satu bentuk gangguan setan di dalam sholat adalah terasa keluar angin dari dubur, tetapi tidak terdengar suara keluar juga tidak tercium bau kentut sehingga timbul penyakit was-was yang merupakan gangguan Setan.

Kalau kita ikuti dan turuti lalu membatalkan sholat, berarti kita telah terperangkap dalam jerat Setan, dan Setan akan terus mengganggu kita dalam sholat.

Tetapi jika sejak awal sudah tidak kita pedulikan, maka gangguan tersebut tidak akan datang lagi, dengan izin Allah SWT.

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ فِي بَطْنِهِ شَيْئًا فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ أَخَرَجَ مِنْهُ شَيْءٌ

أَمْ لَا، فَلَا يَخْرُجَنَّ مِنْ الْمَسْجِدِ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

*“ Jika salah seorang dari kalian merasakan sesuatu diperutnya, lalu ia ragu apakah telah keluar ( angin / kentut ) atau tidak, janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid, hingga ia mendengar suara atau mencium bau. ”

Pesan Rasulullah

Dalam Hadits lain, beliau bersabda :

إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلَاةِ فَوَجَدَ حَرَكَةً فِي دُبُرِهِ أَحْدَثَ أَوْ لَمْ يُحْدِثْ فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ فَلَا يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

“ Jika salah seorang dari kalian sedang shalat lalu merasakan gerakan di duburnya, hingga ia merasa ragu apakah telah batal atau tidak, janganlah ia membatalkan shalatnya hingga mendengar suara atau mencium bau. ” (H. R. Abu Daud; dari Abu Hurairah.)

Sesuatu yang hanya berdasarkan pada perasaan, keraguan atau was-was tidak dapat dijadikan pedoman untuk memutuskan bahwa wudhu atau sholat kita itu batal. Namun harus ada rasa yakin.

Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertaqwa kepada Allah, selalu khusyuk menegakkan sholat, selalu terhindar dari godaan Setan. Aamiin......!!!

Semoga bermanfaat untuk Kita.

Belum ada Komentar untuk "Gangguan Setan dalam Shalat, Ini Antisipasi agar Tetap Khusyuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel